11
Oct

Usman: Saatnya Indonesia Jadi Negara Maritim Terbesar di Dunia

Beritajatim.com – Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia dan didukung berbagai sumber daya alam (SDA) melimpah. Potensi sektor laut akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak pihak.

Dulu kala, sektor ini sudah menjadi aset terbesar negara yang dulu lebih dikenal Nusantara. Sayangnya kondisi tersebut justru tidak dikelola secara maksimal.

“Bayangkan luas laut kita 6 juta km² dengan panjang pantai 100 ribu km dan terpanjang kedua di dunia. Tapi ekspor pangan laut kita jauh di bawah Filipina, Malaysia dan Thailand,” kata Usman Perdanakusuma, Direktur Utama (Dirut) PT Perikanan Nusantara (Persero), Kamis (5/11/2015).

Kondisi tersebut membuat Mantan Dirut PT Garam Madura, sangat prihatin. Sebab bila dibandingkan dengan panjang pantai Filipina yang hanya 9 ribu km saja, Indonesia jauh lebih unggul. Namun hal itu justru kontras dengan kenyataan. “Kita sangat prihatin dengan kondisi kelautan yang belum dikelola dengan maksimal, padahal selama ini kita justru memunggungi samudra,” ungkapnya.

“Jadi kedepan kita harus kerja keras, bangkit bersama gerakan poros maritim. Sehingga sumber daya laut kita bisa menjadi andalan untuk mendongkrak perekonomian, tentunya demi kesejahteraan bangsa kita,” tegas pria yang baru diangkat sebagai Dirut PT Perikanan Nusantara (Persero) pada Kamis (22/10/2015) lalu.

Dari itu, pihaknya sengaja mengajak seluruh elemen untuk sama-sama mengambil langkah yang sama. Ia pun berkomitmen untuk bekerja keras dan fokus pada core bisnis untuk memajukan perusahaan milik negara yang dipimpinnya. “Sudah saatnya kita harus menjadi negeri maritim terbesar di dunia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, komitmen tersebut bukanlah sesumbar yang hanya bisa dianggap sebagai angin lalu. Sebab saat memimpin PT Garam (Persero), ia sukses melakukan berbagai pembenahan secara fundamental dan mampu keluar dari masa-masa krisis. Terbukti, ia juga berhasil menaikkan gaji karyawannya hingga 25 persen.

Leave a Reply